JENIS- JENIS POLA PIKIR
Umum
Menurut Auguste Comte (1798-1857), dalam sejarah perkembangan peradaban manusia, baik sebagai individu maupun keseluruhan, berlangsung dalam tiga tahap:
-Tahap teologi/fiktif, dalam tahap ini manusia berusaha untuk mencari dan menemukan sebab yang pertama dan tujuan akhir dari segala sesuatu. tentu saja semua itu dihubungkan kepada kekuatan ghaib diluar kemampuan mereka sendiri. Mereka meyakini adanya kekuatan yang maha hebat yang menguasai semua fenomena alam entah itu dewa atau kekuatan ghaib lainya.
-Tahap filsafat/fisik/abatrak, tahap ini hampir sama dengan tahap sebelumnya. Hanya saja mereka mendasarkan semua itu pada kamampuan akalnya sendiri,akal yang mampu untuk melakukan abstareaksi untuk menemukan hakikat sesuatu.
-Tahap positif/ilmiah riil, merupakan tahap di mana manusia mampu untuk melakukan aktivitas berfikir secara positif atau riil. Kemampuan ini didapatkan melalui usaha pengamatan, percobaan, dan juga perbandingan.
Menurut Auguste Comte (1798-1857), dalam sejarah perkembangan peradaban manusia, baik sebagai individu maupun keseluruhan, berlangsung dalam tiga tahap:
-Tahap teologi/fiktif, dalam tahap ini manusia berusaha untuk mencari dan menemukan sebab yang pertama dan tujuan akhir dari segala sesuatu. tentu saja semua itu dihubungkan kepada kekuatan ghaib diluar kemampuan mereka sendiri. Mereka meyakini adanya kekuatan yang maha hebat yang menguasai semua fenomena alam entah itu dewa atau kekuatan ghaib lainya.
-Tahap filsafat/fisik/abatrak, tahap ini hampir sama dengan tahap sebelumnya. Hanya saja mereka mendasarkan semua itu pada kamampuan akalnya sendiri,akal yang mampu untuk melakukan abstareaksi untuk menemukan hakikat sesuatu.
-Tahap positif/ilmiah riil, merupakan tahap di mana manusia mampu untuk melakukan aktivitas berfikir secara positif atau riil. Kemampuan ini didapatkan melalui usaha pengamatan, percobaan, dan juga perbandingan.
Berpikir adalah kemampuan penalaran manusia dengan proses yang benar.
Penalaran merupakan usaha logis dan analaisis untuk menmukan jawaban
atas berbagai pertanyaaan. Kemampuan ini tidak didapat melalui perasaan.
Namun tentu ada pengetahuan yang bersumber dari bukan penalaran, yaitu:
Pengambilan keputusan berdasarkan perasaaan
Intuisi, kegiatan berpikir yang tidak analisi. Intuisi adalah pengetahuan yang timbul dari pengetahuan-pengetahuan terdahulu, intuisi bisa saja timbul menyelesaikan permasalahan tanpa proses berpikir yang sistematis
Wahyu, merupakan sumber pengetahuan yang paling tnggi
Trial and error, mencoba dan menemukan kegagalan, mencoba lagi dan gagal lagi hingga menemukan cara yang benar-benar tepat.
Pengambilan keputusan berdasarkan perasaaan
Intuisi, kegiatan berpikir yang tidak analisi. Intuisi adalah pengetahuan yang timbul dari pengetahuan-pengetahuan terdahulu, intuisi bisa saja timbul menyelesaikan permasalahan tanpa proses berpikir yang sistematis
Wahyu, merupakan sumber pengetahuan yang paling tnggi
Trial and error, mencoba dan menemukan kegagalan, mencoba lagi dan gagal lagi hingga menemukan cara yang benar-benar tepat.
Ilmu Pengetahuan
Adanya pola-pola dasar atau desain atau kerangka yang dilakukan oleh
aktivitas jiwa dalam menemukan suatu pengetahuan memerlukan suatu objek
pengetahuan dan instrumen untuk mendapatkan ilmu pengetahuan.
Bertambahnya pengetahuan seiring dengan proses perkembangan pola pikir
manusia diawali dengan rasa ingin tahu tentang benda-benda di
sekelilingnya, alam sekitar, bulan, bintang dan matahari yang
dipandangnya, bahkan rasa ingin tahu tentang dirinya sendiri. Adanya
kemampuan berfikir manusia menyebabkan rasa ingin tahunya selalu
berkembang. Dengan kemampuan berfikir manusia dapat mendayagunakan
pengetahuannya yang terdahulu dan kemudian menggabungkan dengan
pengetahuannya yang diperoleh hingga menghasilkan pengetahuan yang baru.
Pengetahuan yang ingin dicari atau didapatkan tentunya bersumber pada
kebenaran. Tahu yang memuaskan manusia adalah tahu yang benar. Tahu yang
tidak benar disebut keliru. Jika suatu pengetahuan yang terdahulu
mengalami kekeliruan maka sudah pasti terdapat suatu kebenaran
sesudahnya. Kekeliruan tentunya akan memberikan dampak yang negatif bagi
manusia sehingga mereka meninggalkan suatu kekeliruan. Asumsi awal
manusia mendapatkan pengetahuan secara empirik melalui pengamatan dan
pengalaman. Data-data inderawi, benda-benda memori manusia merupakan
beberapa instrumen dalam mendapatkan pengetahuan. Di samping itu
perasaan intuitif atau insting juga menambah kepercayaan terhadap
penemuan yang didapatkan sehingga kepercayaan terhadap suatu objek
pengetahuan menimbulkan keyakinan terhadap ilmu pengetahuan tertentu.
Ilmu Pengetahuan itu dapat ditinjau kembali kebenarannya, jika terdapat
kekeliruan maka akan timbul ketidakpuasan sebagai akibat keterbatasan
manusia khususnya dalam penggunaan instrumen atau pengolahan data-data
inderawi dalam menerima pengetahuan tanpa dia ketahui kemudian
melahirkan mitos. Hal tersebut terjadi sebagai akibat dari rasa ingin
tahu terhadap suatu realitas yang kurang terpuasakan terutama mengenai
hal-hal yang ghaib. Namun seiring dengan perkembangan pola pikir manusia
yang haus akan rasa ingin tahu melalui kajian-kajian ilmu pengetahuan
maka pada akhirnya melahirkan pengetahuan yang ilmiah. Pengetahuan
ilmiah memerlukan alasan dan atau penjelasan secara sistematis yang
dibuat untuk memberikan keyakinan.
Bentuk dan sumber pengetahuan Russel membuat kategori-kategori berikut :
Pengetahuan melalui pengalaman dalam pengertian yang didapatkan dari:
-Data-data inderawi
-Benda-benda memori
-Keadaan internal
-Diri sendiri
-Data-data inderawi
-Benda-benda memori
-Keadaan internal
-Diri sendiri
Pengetahuan melalui deskripsi yaitu pengetahuan yang di dapatkan melalui:
-Orang lain
-Benda-benda fisik (merupakan suatu konstruksi, bukan data inderawi )
-Orang lain
-Benda-benda fisik (merupakan suatu konstruksi, bukan data inderawi )
Adanya dua bentuk pengetahuan yaitu pengetahuan langsung dan pengetahuan
tak langsung. Pengetahuan langsung diperoleh dari pengamatan ekstern
dan intern. Pengamatan ekstern secara langsung kita dapat mengetahui
adanya sesuatu benda dalam dunia luar melalui alat indera. Pengamatan
ekstern merupakan sumber pengetahuan secara langsung berupa alat untuk
menangkap objek di luar manusia melalui kekuatan indera, sedangkan
pengamatan intern atau intuisi adalah proses kejiwaan tanpa suatu
rangsang untuk mampu membuat pernyataan berupa pengetahuan. Pengetahuan
tak langsung dapat diperoleh dengan beberapa cara yakni dengan penarikan
konklusi / penalaran, kesaksian, dan wahyu. Kongklusi penalaran adalah
salah satu corak berfikir dengan menggabungkan pengertian atau lebih
dengan maksud memperoleh pengetahuan baru.
Teori-teori pengetahuan bila didasarkan menurut sifat teoritis dan
historis dapat dikelompokkan menjadi dua aliran yang besar, yaitu
rasionalisme dan empirisme. Rasionalisme meyakini bahwa sejumlah ide
atau konsep adalah terlepas dari pengalaman dan bahwa kebenaran itu
dapat diketahui hanya dengan nalar. Sedangkan empirisme berpendapat
bahwa semua ide dan kosep berasal dari pengalaman dan bahwa kebenaran
hanya dapat dibangun berdasarkan pengalaman. Dari dua pemahaman tersebut
melahirkan asumsi bahwa terdapat dua pengetahuan yaitu pengetahuan
mutlak atau utama (priori) yang tidak didapatkan berdasarkan pengalaman .
Pengetahuan empiris atau posteriori adalah pengetahuan yang berasal
atau bergantung pada pengalaman.
Ilmu merupakan pengetahuan yang diperoleh melalui proses yang dinamakan
metode ilmiah. Aristoteles mengembangkan metode ke dalam :
-Induksi yaitu penalaran dari yang khusus kepada yang umum, perhitungan sederhananya: fakta1 + fakta2 + … –> kesimpulan
-Deduksi yaitu penalaran dari yang umum kepada yang khusus
-Observasi yaitu penggunaan bukti empiris
-Klasifikasi yaitu penggunaan definisi
-Induksi yaitu penalaran dari yang khusus kepada yang umum, perhitungan sederhananya: fakta1 + fakta2 + … –> kesimpulan
-Deduksi yaitu penalaran dari yang umum kepada yang khusus
-Observasi yaitu penggunaan bukti empiris
-Klasifikasi yaitu penggunaan definisi
Beberapa metode yang bermunculan sesuai dengan bidang keilmuannya
diantaranya phytagoras mengembangkan metode perhitungan matematika,
democritus dengan mengajukan konsep mekanisme. Dan metode ilmiah
akhirnya menjadi sebuah tahapan yang bervariasi sesuai dengan disiplin
ilmu yang dihadapi.
Jonh Dewey (dalam buku How We Think) menggambarkan metode ilmiah sebagai
refleksi pemikiran dan merinci lima langkah problem solving (pemecahan
masalah) sebagai bingkai pengetahuan atau metode ilmiah:
-Mengenali masalah-keadaan yang tidak menentu.
-Mengklasifikasi keadaan tak menentu sebagai satu masalah dengan menggunakan definisi, observasi, dan klasifikasi fakta-fakta,
-Menformulasi solusi yang mungkin dilakukan -hipotesis,
-Melakukan deduksi(kesimpulan) dari variable atau menguji konsekuensinya,
-Memverifikasi dan memformulasikan sebagai sesuatu yang penting dilakukan untuk menerima atau menolak hipotesis dan atau penyelesaian masalah.
-Mengenali masalah-keadaan yang tidak menentu.
-Mengklasifikasi keadaan tak menentu sebagai satu masalah dengan menggunakan definisi, observasi, dan klasifikasi fakta-fakta,
-Menformulasi solusi yang mungkin dilakukan -hipotesis,
-Melakukan deduksi(kesimpulan) dari variable atau menguji konsekuensinya,
-Memverifikasi dan memformulasikan sebagai sesuatu yang penting dilakukan untuk menerima atau menolak hipotesis dan atau penyelesaian masalah.
Islam
Pemikiran Islam adalah pemikiran yang khas, lain daripada yang lain. Ini
wajar, sebab pemikiran Islam berasal dari wahyu atau bersandarkan pada
penjelasan wahyu, sedangkan pemikiran-pemikiran yang lain yang
berkembang di antara manusia, baik itu berupa agama-agama non samawi,
ideologi-ideologi politik dan ekonomi, maupun teori-teori sosial sekedar
muncul dari kejeniusan berfikir manusia yang melahirkannya.
Namun perlu disadari, bahwa sekalipun pemikiran Islam berasal dari wahyu
yang turun dari langit, pemikiran islam adalah diturunkan ke bumi untuk
menjadi petunjuk bagi manusia di bumi. Allah SWT berfirman:
“Sesungguhnya kami menurunkan kepadamu Al Kitab (al-Qur’an) untuk
manusia dengan membawa kebenaran; siapa yang mendapat petunjuk, maka
(petunjuk itu) untuk dirinya sendiri, dan siapa yang sesat maka
sesungguhnya dia semata-mata sesat buat (kerugian) dirinya sendiri dan
kamu sekali-kali bukanlah orang yang bertanggung jawab terhadap mereka.”
(Qs. az-Zumar [39]: 41).
“(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di
dalamnya diturunkan (permulaan) al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia
dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara
yang hak dan yang bathil).” (Qs. al-Baqarah [2]: 185).
Oleh karena itu, agar bisa memahami keberadaan pemikiran islam sebagai
petunjuk amal perbuatan manusia, maka perlu dipahami karakteristik
pemikiran Islam.
Pemikiran Islam mempunyai beberapa ciri khas, antara lain bersifat : komperehensif (syumuliyah), luas, praktis (amaliy), dan manusiawi.
Pemikiran Islam mempunyai beberapa ciri khas, antara lain bersifat : komperehensif (syumuliyah), luas, praktis (amaliy), dan manusiawi.
a. Bersifat Komperehensif
Pemikiran Islam mengatur semua aspek kehidupan manusia, seperti politik,
sosial kemasyarakatan, perekonomian, kebudayaan dan akhlak. Islam hadir
dengan membawa aturan yang berkaitan dengan hubungan manusia dengan
tuhannya, dengan dirinya sendiri dan dengan orang lain. Aturan yang
mengatur hubungan manusia dengan Tuhannya tercakup dalam perkara akidah
dan ibadah. Sedangkan aturan yang mengatur hubungan antara manusia
dengan dirinya sendiri tercakup dalam hukum-hukum tentang makanan,
pakaian, dan akhlak. Selebihnya adalah aturan yang mengatur hubungan
manusia dengan manusia lain, seperti perkara muamalah ekonomi dan
sosial, sanksi-sanksi hukum bagi para pelanggar hukum (uqubat), politik
ketatanegaraan, pertahanan dan keamanan, politik luar negeri dengan
dakwah dan jihad fi sabilillah. Allah SWT berfirman:
“Kami telah menurunkan kepadamu al-Kitab (yaitu al-Qur’an) sebagai penjelas segala sesuatu.” (Qs. an-Nahl [16]: 89).
“Pada hari ini telah Aku sempurnakan untuk kalian agama kalian dan telah Kucukupkan untuk kalian nikmat-Ku.’ (Qs. al-Mâ’idah [5]: 3).
“Pada hari ini telah Aku sempurnakan untuk kalian agama kalian dan telah Kucukupkan untuk kalian nikmat-Ku.’ (Qs. al-Mâ’idah [5]: 3).
Setelah memahami kedua ayat di atas seorang muslim tidak boleh
menyatakan bahwa, ada sebagian perbuatan manusia yang tidak ada status
hukumnya dalam Islam. Semua persoalan dari sejak Islam turun ke bumi 15
abad yang lalu hingga hari kiamat, semua masalah pasti tercakup dalam
perkara yang dipecahkan oleh Islam. Kalau sekilas saja kita membaca
buku-buku fiqih, kita akan mendapatkan bahwa masalah yang dipecahkan
oleh syariah itu tidak hanya masalah ritual belaka, tapi seluruh masalah
kehidupan.
b. Bersifat Luas
Keluasan pemikiran Islam memungkinkan Para Ulama untuk melakukan
istinbath (menggali) hukum-hukum syari’iy dari nash-nash syariat-syariat
tentang perkara baru apapun jenisnya, baik perbuatan ataupun benda.
Dalil-dalil syariat hadir dalam bentuk gaya bahasa yang mampu mencakup
perkara apa saja hingga hari kiamat. Apabila ditanyakan kepada seorang
muslim hingga saat ini, apa dalil syariat tentang kebolehan mengendarai
roket, pesawat atau kapal selam, kemudian ia meneliti dalil-dalil
syariat untuk mengetahui hukumnya, niscaya dia akan menemukannya dalam
firman Allah:
“Dia menundukan untuk kalian apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi semua.” (Qs. al-Jâtsiyah [45]:13).
“Suatu tanda (kebesaran Allah yang besar) bagi mereka adalah bahwa kami mengangkut keturunan mereka dalam ahtera yang penuh muatan dan kami menciptakan bagi mereka kendaraan seperti bahtera itu.” (Qs. Yâsîn [36]: 41 – 42).
“Suatu tanda (kebesaran Allah yang besar) bagi mereka adalah bahwa kami mengangkut keturunan mereka dalam ahtera yang penuh muatan dan kami menciptakan bagi mereka kendaraan seperti bahtera itu.” (Qs. Yâsîn [36]: 41 – 42).
Jika ada yang menanyakan, apakah umat Islam boleh memiliki bom atom,
maka dia akan menjumpai hukum syara tentang itu, dalam firman Allah:
“Siapkanlah untuk menghadapi mereka, kekuatan apa saja yang kamu
sanggupi dan dari kuda-kuda yang ditambat untuk berperang (yang dengan
persiapan itu) kalian menggentarkan musuh Allah dan musuh kalian.” (Qs.
al-Anfâl [8]: 60).
Sebab, arah dari perintah Allah SWT dalam Qs. al-Anfâl [8]: 60 tersebut
adalah untuk menakut-nakuti musuh (irhabul aduww). Kalau di masa lalu,
adanya pasukan berkuda (al khail) adalah efektif untuk menakut-nakuti
musuh, karena pasukan kavaleri yang ada pada waktu itu adalah pasukan
berkuda. Di masa sekarang, pasukan kavaleri bisa berkendaraan panser
atau yang lain. Dan untuk menakut-nakuti musuh di masa sekarang, bisa
dilakukan dengan parade kapal induk, pesawat tempur supersonik yang
dilengkapi dengan rudal berkepala nuklir, dan persenjataan canggih
lainnya.
c. Bersifat Praktis
Hukum-hukum Islam hadir untuk diterapkan dan dilaksanakan
ditengah-tengah kehidupan. Manusia tidak akan dibebani melebihi yang dia
sanggupi. Allah berfirman:
“Allah tidak membebani seseorang kecuali dengan kesanggupannya.” (Qs. al-Baqarah [2]: 286).
Pada sebagian besar ayat-ayat al-Quran, Allah swt telah mengaitkan amal dengan iman seperti firman Allah:
“Demi masa, sesungguhnya manusia itu dalam keadaan merugi, kecuali
orang-orang yang beriman dan beramal shaleh.” (Qs. al-Ashr [103]: 1 –
3).
“Allah telah berjanji kepada orang-orang yang beriman diantara kalian
dan orang-orang yang mengerjakan amal shaleh, bahwa sungguh Dia akan
menjadikan mereka berkuasa dimuka bumi.” (Qs. an-Nûr [24]: 55).
Pemikiran Islam telah diterapkan di tengah-tengah manusia selama 13
abad, dalam naungan negara besar di dunia, Daulah Khilafah Islamiyah.
Pemikiran-pemikiran islam yang dituangkan dalam hukum syariah yang sudah
pernah diterapkan adalah: hukum syariah tentang pemerintahan (nizhamul
hukm fil Islam), hukum syariah tentang ekonomi (nizhamul iqtishadi fil
Islam), hukum syariah tentang hubungan sosial atau aturan pergaulan pria
wanita (an nizhamul ijtima’i fil Islam), hukum-hukum syariah tentang
kebijakan pendidikan (siyasah at ta’lim fil Islam), hukum-hukum syariah
tentang politik luar negeri negara islam (siyasah kharijiyah lid daulah
al Islamiyah).
Fakta-fakta sejarah tentang penerapan kelima aspek di atas tak bisa dibantah. Alkisah di dalam diskusi di Harvard University ada seorang cendekiawan Indonesia pernah mengatakan bahwa negara Khilafah itu sesungguhnya tidak ada. Maka seorang cendekiawan muslim dari Turki yang menjadi dosen di universitas bergengsi di AS itu bertanya: Lalu negara apa yang diumumkan pembubarannya oleh Kamal At Taturk pada tahun 1924 yang lalu itu?
Fakta-fakta sejarah tentang penerapan kelima aspek di atas tak bisa dibantah. Alkisah di dalam diskusi di Harvard University ada seorang cendekiawan Indonesia pernah mengatakan bahwa negara Khilafah itu sesungguhnya tidak ada. Maka seorang cendekiawan muslim dari Turki yang menjadi dosen di universitas bergengsi di AS itu bertanya: Lalu negara apa yang diumumkan pembubarannya oleh Kamal At Taturk pada tahun 1924 yang lalu itu?
d. Bersifat Manusiawi
Islam menyeru kepada manusia dalam kapasitasnya sebagai manusia, tanpa melihat lagi ras atau warna kulitnya. Firman Allah swt:
“Hai manusia beribadahlah kepada Tuhan kalian….” (Qs. al-Baqarah [2]: 21).
“Katakanlah: ‘Hai manusia, sesungguhnya aku (Muhammad) adalah utusan Allah untuk kalian semua’.” (Qs. al-A’râf [7]: 158).
“Katakanlah: ‘Hai manusia sesungguhnya kami telah menjadikan kalian
terdiri dari laki-laki dan perempuan dan kami telah menjadikan kalian
bersuku-suku dan berbangsa-bangsa supaya kamu saling kenal-mengenal’.”
(Qs. al-Hujurât [49]: 13).
Rasulullah bersabda:
“Aku diutus untuk orang-orang yang berkulit merah maupun berkulit hitam.”
Orang-orang selain orang Arab pun telah beriman pada agama ini, seperti
Persia, Romawi, Asia Tengah, India, Indonesia dan sebagainya.
Demikianlah, Islam telah mengeluarkan mereka dari kegelapan jahiliyah
menuju cahaya hidayah, dari keterpurukan menuju kebangkitan.
C. PERBANDINGAN
- Umum
Manusia berusaha untuk mencari dan menemukan sebab yang pertama dan tujuan akhir dari segala sesuatu.
Manusia mendasarkan semua itu pada kamampuan akalnya sendiri, akal yang mampu untuk melakukan abstareaksi untuk menemukan hakikat sesuatu .
Manusia mampu untuk melakukan aktivitas berfikir secara positif atau riil. Kemampuan ini didapatkan melalui usaha pengamatan, percobaan, dan juga perbandingan.
Manusia mendasarkan semua itu pada kamampuan akalnya sendiri, akal yang mampu untuk melakukan abstareaksi untuk menemukan hakikat sesuatu .
Manusia mampu untuk melakukan aktivitas berfikir secara positif atau riil. Kemampuan ini didapatkan melalui usaha pengamatan, percobaan, dan juga perbandingan.
- Ilmu Pengetahuan
Muncul dari kejeniusan berfikir manusia yang melahirkannya.
Teori-teori pengetahuan bila didasarkan menurut sifat teoritis dan historis dapat dikelompokkan menjadi dua aliran yang besar, yaitu rasionalisme dan empirisme.
Rasionalisme meyakini bahwa sejumlah ide atau konsep adalah terlepas dari pengalaman dan bahwa kebenaran itu dapat diketahui hanya dengan nalar.
Empirisme berpendapat bahwa semua ide dan kosep berasal dari pengalaman dan bahwa kebenaran hanya dapat dibangun berdasarkan pengalaman.
Teori-teori pengetahuan bila didasarkan menurut sifat teoritis dan historis dapat dikelompokkan menjadi dua aliran yang besar, yaitu rasionalisme dan empirisme.
Rasionalisme meyakini bahwa sejumlah ide atau konsep adalah terlepas dari pengalaman dan bahwa kebenaran itu dapat diketahui hanya dengan nalar.
Empirisme berpendapat bahwa semua ide dan kosep berasal dari pengalaman dan bahwa kebenaran hanya dapat dibangun berdasarkan pengalaman.
- Islam
Pemikiran Islam berasal dari wahyu atau bersandarkan pada penjelasan wahyu (Al Quran).
Pemikiran Islam mempunyai beberapa ciri khas, antara lain bersifat : komperehensif (syumuliyah), luas, praktis (amaliy), dan manusiawi.
Pemikiran Islam mempunyai beberapa ciri khas, antara lain bersifat : komperehensif (syumuliyah), luas, praktis (amaliy), dan manusiawi.
D. KESIMPULAN
Munculnya ilmu pengetahuan adalah karena karakter unik yang dimiliki
oleh manusia yaitu hasrat/keinginan untuk mengetahui. Manusia mempuyai
rasa ingin tahu terhadap benda-benda di sekelilingnya, alam sekitar,
matahari, bulan, tanaman, hewan dan semua makhluk hidup yang lainya.
Tidak sampai di sini, manusia juga mempunyai hasrat untuk mengetahui
tentang hakikat dirinya sendiri (antroposentris).
Dengan kemampuan berfikir manusia dapat mendayagunakan pengetahuannya yang terdahulu dan kemudian menggabungkan dengan pengetahuannya yang diperoloeh hingga menghasilkan pengetahuan yang baru.
Teori-teori pengetahuan bila didasarkan menurut sifat teoritis dan historis dapat dikelompokkan menjadi dua aliran yang besar, yaitu rasionalisme dan empirisme. Rasionalisme meyakini bahwa sejumlah ide atau konsep adalah terlepas dari pengalaman dan bahwa kebenaran itu dapat diketahui hanya dengan nalar. Sedangkan empirisme berpendapat bahwa semua ide dan kosep berasal dari pengalaman dan bahwa kebenaran hanya dapat dibangun berdasarkan pengalaman.
Pemikiran Islam adalah pemikiran yang khas, lain daripada yang lain. Ini wajar, sebab pemikiran Islam berasal dari wahyu atau bersandarkan pada penjelasan wahyu, sedangkan pemikiran-pemikiran yang lain yang berkembang di antara manusia, baik itu berupa agama-agama non samawi, ideologi-ideologi politik dan ekonomi, maupun teori-teori sosial sekedar muncul dari kejeniusan berfikir manusia yang melahirkannya.
Dengan kemampuan berfikir manusia dapat mendayagunakan pengetahuannya yang terdahulu dan kemudian menggabungkan dengan pengetahuannya yang diperoloeh hingga menghasilkan pengetahuan yang baru.
Teori-teori pengetahuan bila didasarkan menurut sifat teoritis dan historis dapat dikelompokkan menjadi dua aliran yang besar, yaitu rasionalisme dan empirisme. Rasionalisme meyakini bahwa sejumlah ide atau konsep adalah terlepas dari pengalaman dan bahwa kebenaran itu dapat diketahui hanya dengan nalar. Sedangkan empirisme berpendapat bahwa semua ide dan kosep berasal dari pengalaman dan bahwa kebenaran hanya dapat dibangun berdasarkan pengalaman.
Pemikiran Islam adalah pemikiran yang khas, lain daripada yang lain. Ini wajar, sebab pemikiran Islam berasal dari wahyu atau bersandarkan pada penjelasan wahyu, sedangkan pemikiran-pemikiran yang lain yang berkembang di antara manusia, baik itu berupa agama-agama non samawi, ideologi-ideologi politik dan ekonomi, maupun teori-teori sosial sekedar muncul dari kejeniusan berfikir manusia yang melahirkannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar